Ratusan Personel Gabungan Bersihkan Kampung Dalam, Ingin Jadikan Kampung Dalam Daerah Wisata Kampung Bahari


Dibaca: 273 kali  Editor: -. Wartawan: -
Senin,17 Juli 2017 - 17:04 WIB
Ratusan Personel Gabungan Bersihkan Kampung Dalam, Ingin Jadikan Kampung Dalam Daerah Wisata Kampung Bahari

DUMAI – Ratusan personel gabungan yang terdiri dari Polisi dan TNI membersihkan Kampung Dalam dalam giat Gotong Royong (Goro) yang berlangsung pada Senin (17/07/2017). Pelaksanaan Goro yang dipimpin langsung oleh Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting ini dipusatkan di pemukiman masyarakat RT 01 – 06, Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota.

Kegiatan gotong royong di awali dengan pelaksanaan apel bersama di SMK Perikanan Jl. Cendrawasih Kelurahan Laksamana, yang dihadiri oleh, Personil TNI AD sebanyak 60 Personil (Kodim 0320 Dumai, POM TNI AD, Arhanud Rudal 04 Dumai dan Kompi 132 BS Dumai), Personil Polres Dumai dan jajaran Polsek sebanyak 220 personil (Waka Polres Dumai, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Kasi), Dinas Lingkungan Hidup Pemko Dumai sebanyak 18 orang, Para guru dan Siswa/i SMK Pertanian Kota Dumai 120 orang dan Camat Dumai Kota Tanwir Azhar Efendi, Lurah Kelurahan Laksamana Jasmawar, Ketua RT dan masyarakat setempat sekitar 30 orang.

“ Tujuan dilaksanakan kegiatan gotong royong adalah untuk merubah lingkungan RT 01 – 06, Kelurahan Laksamana menjadi daerah wisata kampung bahari guna peningkatan taraf ekonomi masyarakat yang diawali dengan kegiatan gotong royong,” ujar Kapolres Dumai AKBP Donald.

Dengan terciptanya daerah atau kawasan wisata kampung bahari sehingga menghilangkan kejahatan dan kenakalan masyarakat seperti aksi balap liar oleh anak remaja, aksi tauran dan peredaran Narkoba.
Menurut Kapolres, pihaknya tidak hanya sebatas goro saja dan sekedar wacana, namun pihaknya akan menggandeng pemerintah daerah untuk ikut serta menyukseskan program ini.

“ Dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat dengan Walikota Dumai untuk membahas program yang kita lakukan agar benar - benar terwujud,” katanya.

Lanjut AKBP Donald, Rencananya semua rumah dan kawasan disini akan di cat warna - warni dan kita perindah untuk menarik wisatawan agar berkunjung dikawasan ini.

“ Untuk itu, kita mengharapkan partisipasi dinas terkait khususnya dinas Pariwisata yang diharapkan melakukan promosi kawasan wisata yang akan kita buat, Dinas Pendidikan dengan membawa anak sekolah untuk melaksanakan wisata bahari dan Dinas perizinan yang diharapakan dapat menggandeng sejumlah perusahaan sebagai bapak asuh untuk mengembangkan kawasan ini menjadi kawasan wisata melalui dana CSR mereka dan instansi terkait," harapnya.

Agenda besar yang sudah diwacanakan ini tidak artinya jika tidak didukung masyarakat, makanya harus ada pembangunan mental masyarakat untuk ikut bersama sama menyatukan persepsi untuk pembangunan kawasan wisata yang dicanangkan ini.

" Masyarakat kita himbau mulai sekarang menjaga kebersihan lingkungan. Jangan lagi membuang sampah di kolong rumah dan pesisir laut, bangun mental pengusaha untuk memanfaatkan wilayah mereka untuk dijadikan mata pencarian sebagai pemasukkan kebutuhan keluarga,” ajak Kapolres.

Sementara, Dandim 0320 Dumai sangat mendukung program kegiatan gotong royong tersebut, karena merupakan kegiatan positif guna merubah wilayah Kampung dalam Kelurahan Laksamana menjadi kampung wisata bahari.

Dalam pelaksanaan gotong royong di Kelurahan Laksamana, sasaran kegiatan dibagi menjadi 5 lokasi yakni, Jl. Cendrawasih, Jl. Rawali, Jl. Kaswari, Gg. Jawa 1 dan Gg. Jawa 2.

Pelaksanaan gotong royong yang di pimpin Kapolres Dumai yakni melakukan pembersihan sampah pada sekitar pemukiman masyarakat dan sepanjang jalan menggunakan peralatan kurve yang dibawa oleh masing-masing personil, setelah sampah dikumpulkan selanjutnya diangkut menggunakan 1 unit truck milik Dinas Lingkungan Hidup Pemko Dumai.

Reporter : Dika
Redaktur : Rio

Editor : -
Wartawan : -

Akses Faktariau.com Via Mobile http://faktariau.com/mobile
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jalan Arifin Ahmad nomor 113 E, Marpoyan Damai, Pekanbaru
Email: redaksifaktariau@gmail.com
DOWNLOAD APP FAKTARIAU.COM