Sisa Uang THR Buat Tiga Pemuda di Inhu Meringkuk di Jeruji Besi


Dibaca: 289 kali  Editor: -. Wartawan: -
Senin,17 Juli 2017 - 16:42:12 WIB
Sisa Uang THR Buat Tiga Pemuda di Inhu Meringkuk di Jeruji Besi

PEKANBARU-Masih menyimpan sisa uang Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran‎ Idul Fitri sebanyak Rp 5 juta membuat tiga pemuda di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, berurusan dengan kepolisian setempat. Bagaimana tidak, uang yang sebagiannya sudah digunakan untuk membeli puluhan bungkus rokok dan makanan itu ternyata palsu.

Kapolres Indragiri Hulu Ajun Komisaris Besar Polisi‎ (AKBP) Arif Bastari SIK menyebutkan, kejadian bermula ketika para pelaku, masing-masing Randa Eka Saputra, Jufri Antoni, dan Rifal membeli sebungkus rokok, pop mie dan snack lainnya di warung milik Masnauli di Dusun Putihan, Kelurahan Pangkalan Sesai.

"Mereka menyerahkan 2 pecahan uang Rp 100 ribu kepada pemilk warung dan bergegas pergi," kata mantan Kepala Bagian Pembinaan Karir Polda Riau ini, Senin (17/7/2017).

Tak lama kemudian, pemilik warung curiga dengan uang yang diserahkan para pelaku. Diapun kemudian mengecek nomor seri uang yang ternyata memiliki kesamaaan. Selanjutnya pemilik warung mencatat nomor polisi Toyota Avanza yang dinaiki ketiga pelaku.

"‎Kejadian ini dilaporkan ke Polsek setempat dan dilakukan pengejaran oleh anggota. Beberapa jam kemudian para pelaku ditangkap di Dusun Kelasa, Kecamatan Siberida," terang Arif.

Penggeledahan yang dilakukan petugas ditemukan pecahan uang asli yang diperoleh dari pemakaian uang palsu. Juga ditemukan uang palsu dalam mobil itu berupa pecahan uang Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu dengan total Rp 5 juta.

"Juga disita 34 bungkus rokok yang dibeli para pelaku dari menggunakan uang palsu," terang Arif.

Pengakuan kepada penyidik, para pelaku juga sudah menggunakan uang palsu untuk biaya hidup sehari-hari, membeli bahan bakar minyak untuk mobil yang digunakan selama berkeliling di wilayah tersebut.

"Mereka mengaku mendapat uang ini dari temannya inisial An. Uang diserahkan nama tersebut kepada pelaku sebagai THR ketika berada di Jakarta," terang Arif.

Reporter : Syukur
Redaktur : Rio

Editor : -
Wartawan : -

Akses Faktariau.com Via Mobile http://faktariau.com/mobile
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jalan Arifin Ahmad nomor 113 E, Marpoyan Damai, Pekanbaru
Email: redaksifaktariau@gmail.com
DOWNLOAD APP FAKTARIAU.COM