Hadapi Lebaran, 100 Ekor Sapi Standby Disembelih Tiap Hari


Dibaca: 295 kali  Editor: -. Wartawan: -
Senin,19 Juni 2017 - 14:07:00 WIB
Hadapi Lebaran, 100 Ekor Sapi Standby Disembelih Tiap Hari
PEKANBARU - Untuk memenuhi kebutuhan daging sapi segar‎ menjelang Lebaran Idul Fitri, rumah potong hewan (RPH) di Pekanbaru menyediakan 100 ekor sapi per hari. Hal ini dilakukan karena permintaan masyarakat melonjak tiga kali lipat jika dibanding hari biasanya.
 
Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru El Syabrina, stok per hari itu dinilai cukup memenuhi kebutuhan masyarakat Pekanbaru menjelang hingga lebaran usai nanti.
 
"Peningkatan jumlah itu tiga kali lipat dari biasanya," kata El Syabrina kepada wartawan di Pekanbaru, Senin (19/6/2016) pagi.
 
El Syabrina juga menjamin Kota Pekanbaru tidak akan kekurangan daging sapi segar menjelang dan selama lebaran nanti. Dia menyebut hal itu berdasarkan kebutuhan masyarakat per harinya pada waktu biasa.
 
"Biasanya di Pekanbaru itu hanya dibutuhkan 30 ekor sapi atau setara dengan 6.750 kilogram per harinya," sebut El Syabrina.
 
Dia menyebut sapi yang disediakan per harinya didatangkan dari Sumatera Utara dan Lampung. Sejauh ini distribusi dari daerah tersebut belum ditemukan adanya kendala.
 
"Dengan demikian, kami tidak pernah kekurangan stok. Mudah-mudahan tercukup pada lebaran nanti," katanya.
 
El Syabrina juga menyebut sapi yang didatangkan dari luar daerah sudah diperiksa secara ketat. Sehingga dirinya menjami kesehatan daging yang akan dikonsumsi masyarakat Pekanbaru.
 
Syabrina mengakui lonjakan kebutuhan daging sapi segar bakal terjadi tiga hari (H-3) menjelang lebaran nanti, yaitu sekitar 20 persen dari hari biasanya. Namun syabrina tidak begitu khawatir dengan lonjakan permintaan daging di pasaran tersebut lantaran persediaan mencukupi.
 
Reporter : Syukur 
Redaktur : Sidik 
Editor : -
Wartawan : -

Akses Faktariau.com Via Mobile http://faktariau.com/mobile
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jalan Arifin Ahmad nomor 113 E, Marpoyan Damai, Pekanbaru
Email: redaksifaktariau@gmail.com
DOWNLOAD APP FAKTARIAU.COM