Haji 2017

Wawako sambut JH Dumai Di Batam

No comment 279 views
Women face

BATAM - Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo didampingi istri menyambut kepulangan ratusan jamaah haji (JH) Kota Dumai di Asrama Haji Embarkasi Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Jumat (15/09/2017) dini hari.

Pantauan dilapangan, ratusan jamaah haji Kota Dumai yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Batam tiba asrama haji yang beralamat di Jalan Engku Putri, Batam Center sekira pukul 00.30 WIB.

Di depan pintu Aula Arafah, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo beserta istri dan rombongan pejabat Pemko Dumai dan juga Wakil Ketua DPRD Dumai Idrus ST beserta anggota DPRD Dumai tampak menyambut langsung ratusan jemaah haji Kolter 7 yang satu persatu turun dari Bus.

Selanjutnya, ratusan jamaah haji yang tergabung dalam kloter 7 tersebut berkumpul di Aula Arafah Asrama Haji guna mengikuti penyambutan yang digelar oleh PPIH (Panitia Pelaksana Ibadah Haji) Embarkasi Batam.

Ketua Kloter 7 Embarkasi Batam H. Raja Suhelmi mengatakan, Jamaah yang ia Bawa melaksanakan ibadah haji pada tahun 2017 ini sebanyak 446 jamaah. Berangkat pada tanggal 05 Agustus 2017 dan Kembali ke Tanah Air tanggal 14 September 2017.

" Lebih kurang 41 Hari kami telah melaksanakan semua rangkaian ibadah haji. Dan alhamdulillah, semua jamaah dalam kondisi sehat. Hanya saja, dari 446 jamaah yang pergi, satu jamaah haji Dumai meninggal dunia atas nama Sarinah. Sehingga total jamaah yang kembali pulang sebanyak 445 jamaah," ungkapnya.

Tak lupa, Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemko dan Pemkab yang telah mensupport, baik secara moril maupun materil untuk para jamaah dan semoga Allah SWT membalasnya.

" Dan saya selaku Ketua Kloter juga meminta maaf yang sebesar - besarnya, jika masih banyak terdapat kekurangan selama memberikan pelayanan dalam rangkaian ibadah haji yang telah kita laksanakan dan semoga kita menjadi Haji yang Mabrur serta dapat kembali melaksanakan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya," tukasnya yang disambut Amin oleh ratusan jemaah haji.

Sebagai ketua klotet 7 embarkasi batam, tentu banyak salah dan khilaf dengan ini mewakili tim, memohon maaf yang sebesar besarnya.

Sementara, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dalam sambutannya mengucapkan, "Taqabballahu hajjaka au umrataka wa ghafara dzanbaka wa akhlafa 'alaika nafaqataka" kepada jamaahq haji Kota Dumai tahun 1438 H beserta seluruh jamaah dari Kabupaten se Provinsi Riau yang satu kloter menuju embarkasi Batam ini dan alhamdulillah telah selamat tiba di tanah air, setelah sekian lama melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekkah.

" Tentu saja kami mendoakan dan mengharapkan seluruh jamaah membawa pulang oleh-oleh berupa haji yang mabrur. Dan dengan telah ditunaikan rukun Islam yang ke 5 ini, semua dapat merasakan kemanisan islam dengan kesempurnaan rukunnya," ujar Eko.

Wawako mengharapkan, jamaah haji yang telah menunaikan rukun Islam yang kelima ini dapat menjadi teladan bagi masyarakat. " Harapan kami tentunya dengan telah kaaffahnya keislaman kita ini, mampu memberikan kontribusi serta memperkuat sendi-sendi kehidupan beragama ummat Islam kelak," harap Eko.

Terakhir, kata Wawako, pengalaman spiritual yang telah didapat selama melakukan perjalanan suci ke Baitullah mudah-mudahan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari - hari, sekaligus memberikan pengaruh bagi masyarakat sekitar yang pada akhirnya juga berdampak bagi gemilangnya Syiar Islam ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Sedangkan, Kabag Kesra Setdako Dumai H. Asnam menambahkan, usai acara penyambutan di Asrama Haji Embarkasi Batam, ratusan jamaah haji pada Jumat (15/09/2017) sekira pukul 07.30 WIB kembali melanjutkan perjalanan menuju Dumai melalui jalur laut menggunakan Kapal Ferry Dumai Line 5.

" Jika tidak ada kendala, sekira pukul 14.00 WIB Jamaah Haji akan tiba di Pelabuhan Penumpang Pelindo I, Jalan Datuk Laksamana dan akan disambut langsung oleh Pejabat Pemko Dumai," imbuhnya.

Reporter : Dika
Redaktur : Sidik