Walikota Pekanbaru Pandu Welcome Dinner Peserta Apeksi di Rumah Singgah Tuan Qadi

Women face

PEKANBARU-Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT memandu acara Welcome Dinner peserta Muskomwil I Apeksi, di salah satu situs budaya kota Pekanbaru, Rumah Singgah Tuan Qadi, Kamis (1/2/2018) malam.

Kepada peserta Apeksi, Walikota  mengenalkan bagaimana awalnya sejarah Rumah Singgah Tuan Qadi ini diangkat menjadi situs budaya Kota Pekanbaru, sehingga ditetapkan menjadi lokasi tempat Welcome Dinnernya peserta Apeksi Muskomwil Regional I.

"Bapak/Ibu Walikota sekalian, kenapa malam ini kita mengadakan Welcome Dinner di samping rumah yang sederhana ini, karena rumah ini adalah salah satu dari situs cagar budaya kota Pekanbaru yang kami namakan "Rumah Singgah Tuan Qadi," ujar Walikota dalam sambutan.

Dijelaskannya, Rumah Singgah Tuan Qadi ini dibangun sejak zaman Kerajaan Siak Sri Indrapura, yang mana pada saat itu dipimpin oleh Raja Siak yang kelima, yakni Sultan Abdul Jalil Muazam Syah (1780-1782).

Raja Muazam Syah mengutus seorang ulama dari kerajaannya untuk menyiarkan agama Islam ke Kota Pekanbaru. Nah, sembari itu pulalah Raja Muazam Syah membangun sebuah rumah untuk Ulama tersebut, yang juga menjadi rumah tempat singgahnya para Sultan-Sultan Siak lainnya yang ingin melancong ke Kota Pekanbaru.

"Tuan Qadi itu adalah seorang ulama dari kerajaannya Siak. Dia diutus untuk menyiarkan agama Islam ke Kota Pekanbaru dan juga menjadi penghulu untuk menikahkan masyarakat," tambah Walikota.

Dari sejarah itulah, hingga berakhirnya Kesultanan Siak yang ke-12 Sultan Syarif Kasim II, Pemerintah Kota Pekanbaru akhirnya membeli rumah tersebut dari keturunan Tuan Qadi untuk dijadikan salah satu situs cagar budaya yang ada di Kota Pekanbaru.

"Itulah sejarah singkat Rumah Singgah Tuan Qadi, dan semoga Bapak/Ibu sekalian terhibur dengan tema Welcome Dinner malam ini," kata Walikota.

Pelaksanaan Welcome Dinner di Rumah Singgah Tuan Qadi, juga diisi dengan beberapa penampilan budaya yang disuguhkan. Diakhir acara, Walikota Pekanbaru turut memberikan cinderamata berupa kartu Smart Madani kepada seluruh peserta Apeksi, dan juga sebaliknya peserta Apeksi yang berasal dari 24 Walikota tersebut juga memberikan cinderamata kepada Walikota Pekanbaru. 

Laporan KURNIAWAN