Tinggal 70 dari 725 KK

Tahun Ini Sialang Panjang Ditargetkan Deklarasi Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Women face

TEMBILAHAN - Dari 725 KK, kini tercatat hanya 70 KK masyarakat di Desa Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir yang belum mempunyai jamban sehat.

"Sampai hari ini tinggal 70 KK atau sekitar 9,6 persen lagi yang belum mempunyai jamban sehat. Target kita untuk Desa Sialang Panjang 2018 ini sudah dekralasi desa ODF, yaitu desa yang bebas buang air besar sembarangan," ungkapkan Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Hj. Rosdinah, Selasa (20/3/2018).

Kemudian ia menjelaskan, semalam satu lagi keluarga disana yang telah dibangunkan MCK yakni atas nama keluarga Syamsuri di Blok A.

"Untuk pelaksanaannya dilakukan secara gotong- royong, yang dibantu TNI dan masyarakat desa," ungkapnya lagi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelumnya Puskesmas Tembilahan Hulu telah melakukan pendataan keluarga sehat (KS) yang terdiri dari 12 indikator.

"Untuk pendataan itu kami lakukan secara bertahap, sekarang pendataan sudah dilakukan 100 persen," terangnya.

Dari hasil pendataan tersebut di tahun lalu, ditemukan masih banyak masyarakat warga yang belum mempunyai jamban sehat.

"Setelah dimusyawarahkan di tingkat desa bersama dengan perangkat desa maka, timbulah kesepakatan bahwa Desa Sialang Panjang ini akan membentuk arisan jamban keluarga. Jadi siapa yang dapat arisan atau gilirannya untuk dibuatkan MCK," tambahnya.

Kepala Desa Sialang Panjang H.M Yusuf mengatakan menyambut positif, karena menurutnya ini menyangkut kesehatan masyarakat, khususnya di Desa Sialang Panjang.

"Harapan saya program ini tetap berlanjut. Mudah-mudahan tahun 2018 ini desa kami bisa menjadi desa ODF," harapnya.