Sebelum Pendaftaran Parpol, KPU Kampar Gelar Bimtek Sehari

No comment 304 views
Women face

BANGKINANG - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kampar mengelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi partai politik sebelum membuka pendaftaran, verifikasi calon peserta pemilu tahun 2017.

Bimtek ini dilaksanakan pada hari Senin (02/10/2017) kemarin selama Satu (1) hari di Aula Kantor KPU Kabupaten Kampar, Jalan Tuanku Tambusai, Kelurahan Bangkinang, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar Yatarullah didampingi Anggota Sardalis, Ahmad Dahlan, M Hasby dan Dahmizar saat dikonfirmasi, Selasa (03/10/2017) di Aula Kantor KPU mengatakan bahwa Bimtek ini digelar selama sehari sebelum pendaftaran parpol dibuka," ujar Yatarullah.

"Bimtek ini dilaksanakan karena merupakan perintah dari undang-undang," ujar Yatarullah yang juga Devisi Hukum KPU Kabupaten Kampar.

Ditambahkan, selain perintah undang-undang, bimtek ini juga bertujuan agar partai politik pada waktu pendaftaran nanti lebih mudah. "Supaya pada waktu pendaftaran dapat sedetil-detilnya disampaikan dan dimengerti. Dalam undang-undang dan PKPU bahwa KPU mulai dari tingkat pusat hingga Kabupaten/Kota wajib melakukan sosialisasi bagi partai politik," katanya.

"Semoga dengan adanya bimtek ini para parpol bisa mengerti tentang persyaratan pendaftaran seperti kartu tanda anggota (KTA) partai politik dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau surat keterangan yang disampaikan oleh partai politik sesuai dengan sistem informasi partai politik (sipol)," jelasnya.

Himbauan kita bagi partai politik untuk pendaftaran tidak mesti harus diantarkan oleh ketua dan sekretaris, bisa saja diwakilkan dengan menunjuk tim penghubung sebanyak Dua (2) orang dari partai politik.

"Pada waktu pendaftaran parpol tidak harus oleh ketua dan sekretaris, tapi bisa lewat tim penghubung yang ditunjuk oleh parpol tersebut," pungkasnya.

Hari ini KPU Kabupaten Kampar telah membuka pendaftaran bagi partai politik bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Kampar pada pukul 08:00-16:00 WIB dimulai tanggal 03-16 Oktober 2017.

Reporter: Arif

Redaktur: Sidik