Penangkap Ular Piton 7 Meter Masih Kritis Usai Dioperasi

No comment 535 views
Women face

PEKANBARU-Usai bertarung dengan ular Piton sepanjang 7 meter, Robert Nababan masih terbaring lemas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indra Sari, Pematang Rebah, Kabupaten Indragiti Hilir. Dia baru saja menjalani operasi karena urat di tangannya putus akibat gigitan ular tersebut.

"Baru siap operasi di rumah sakit, kondisinya masih belum membaik," kata Kepala Kepolisian Sektor Batang Gansal Inspekstur Satu Sutarja dihubungi dari Pekanbaru, Selasa (3/10/2017) siang.

Menurut Sutarja, tangan pria 37 tahun itu menderita luka serius akibat gigitan ular. Hal itu terjadi ketika korban berusaha memasukkan ular yang ingin ditangkap bersama 3 rekannya ke karung goni.

Kala itu, ular itu sudah berhasil dipegang badannya, begitu juga kepalanya. Hanya saja, tenaga korban dan 3 rekannya masih kalah oleh ular itu karena berhasil melepaskan kepalanya.

"Saat lepas itu, digigit tangannya. Serius lukanya, sampai urat nadinya putus," kata Sutarja.

Sebelum dioperasi, korban sempat kehabisan darah sehingga membutuhkan beberapa kantong darah golongan O. Begitu operasi selesai, darahnya masih kurang sehingga masih dicari pihak keluarganya.

"Kabar terakhir masih lemes gitu, keluargnya masih sibuk juga mengurusi," ucap Sutarja.

Sementara itu, adik korban bernama Anas Nababan menyebut kakaknya itu masih berada di ruang ICU RSUD Indrasari. Dia juga menyebut korban masih terlihat trauma dan masih membutuhkan transfusi darah.

"Saya masih sibuk ngurus itu (cari darah) bang, nanti sajalah yang ngomongnya setelah urusan saya selesai," kata Anas.

Sebelumnya, ular sepanjang 7 meter itu sudah mati setelah ditangkap korban, 3 temannya dan dibantu warga lainnya. Ular itu disebut sudah sebulan belakangan terlihat di kebun sawit dan memangsa ternak warga..

"Kalau menyerang manusia baru kali ini, karena mau ditangkap oleh warga," kata Bhabinkamtibmas Desa Belimbing, Zulfirman menambahkan.

Sebagai Bhabinkamtibmas, Zulfirman menghimbau warga agar berhati-hati berhadapan dengan ular, apalagi dengan ukuran tersebut. Dia tidak ingin ada korban lainnya karena menangkap ular

Reporter: Syukur

Redaktur: Sidik