Pak RT Tak Sangka Abu Ibrahim Terlibat Jaringan Teroris

No comment 1129 views
Women face

PEKANBARU-Salah satu terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Mabes Polri, Abu Ibrahim alias Beni Samsu Trisno ternyata baru 6 bulan tingal di Perumahan Pandau Permai, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Dia disebut jarang bergaul dengan warga setempat.
 
Meski demikian, Abu Ibrahim tetap melapor sebagai warga baru kepada Ketua Rukun Tetangga setempat, Zainul Arifin. Dia menempati sebuah rumah kontrakan sejak pindah beberapa bulan lalu.
 
"Sudah enam bulan tinggal di sini, dia dari Lubuk Basung (Jambi)," kata Zainul kepada wartawan di perumahan tersebut, Selasa (24/10/2017) siang.
 
Sewaktu melapor, Abu Ibrahim tidak membawa surat pindah dari provinsi Jambi. Dia menyebut segera mengurusnya dan akan diserahkan kepada Zainul jika sudah siap suratnya.
 
"‎Katanya, sekarang sedang mengurus surat pindah. Waktu pindah dia lapor ke saya seperti itu," ujar Zainul.
 
Selama tinggal di sana, Zainul menyebut tidak ada gelagat mencurigakan dari Abu Ibrahim. Zainul juga tak menyangka pria yang tinggal bersama anak dan istrinya ini terlibat jaringan teroris.
 
"Tak ada yang mencurigakan meski jarang ngumpul dengan warga. Tapi kalau ada gotong royong, biasanya dia ikut," sebut Zainul.
 
Sebelumnya, Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo SIK menyebut‎ Abu Ibrahim merupakan kaki tangan dari Wawan alias Abu Afif. Nama terakhir ini merupakan amir dari jaringan terduga teroris yang menamakan dirinya jemaah anshor daulah.
 
"Menamakan Jemaah Anshor Daulah dan masih ada hubungan dengan jaringan di Jambi yang ditangkap beberapa waktu lalu oleh Densus 88 juga," sebut Guntur.
 
Dari rumah Abu Ibrahim, petugas menyita sejumlah dokumen, telepon genggam, buku tabungan dan buku berisi jaringan agama. Dia ditangkap di jalan dan langsung dibawa ke rumahnya untuk penggeledahan.
 
Selain Abu Afif dan Abu Ibrahim, juga ditangkap terduga lainnya Abu Bukhori dan Abu Zahir. Dua naman terakhir ditangkap di jalan juga dan langsung digeledah rumahnya di Tangkerang dan Kubang.
 
Reporter : Syukur
Redaktur : Sidik