Operasi Zebra 2017, di Rohil Banyak Pengendara Roda Dua yang Tak Memakai Helm

Women face

ROKAN HILIR -Jajaran Polisi lalu lintas Polres Rohil menggelar Ops Zebra 2017 didepan poslantas kilo meter 13 Bangko Bakti.

Gelar Ops Zebra 2017 dijajaran lantas km 13 untuk perlanggaran perlengkapan surat surat kendaraan masih banyak ditemukan, dan pengendara sepeda motor yang masih tetap membandel dengan tidak melindungi kepalanya menggunakan helm.

Kapos lantas km 13 Bangko Bakti Bripka Denny Kurniawan kepadafaktariau.com, Sabtu (4/11/17) mengatakan bahwa selama ops Zebra 2017 beberapa hari ini berjalan lancar.

"pelanggaran yang mendominasi untuk ops Zebra beberapa hari ini adalah kurangnya kesadaran pengendara roda dua dalam hal menggunakan helm," jelasnya.

kasat Lantas AKP Agustinus Chandra Pietama SH SIK, kepada faktariau.com, Sabtu (4/11/17) mengatakan Kegiatan operasi zebra bukan hanya melibatkan personil satlantas polres rohil, namun juga melibatkan fungsi yang lain serta dibantu oleh polsek-polsek jajaran Polres Rohil.

"Untuk ops zebra kita mengedepankan penindakan tilang terhadap pelanggaran yang kasat mata, fokus utama kami adalah helm, kelengkapan kendaraan dan muatan, namun tidak menutup kemungkinan juga apabila saat pelaksanaan razia terdapat pelanggaran yang lain tetap kita lakukan penindakan," tegasnya.

Ops zebra dilakukan guna memberikan efek jera kepada masyarakat, pengendara kendaraan bermotor yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

"Karena dengan kegiatan seperti ini diharapkan masyarakat dapat menjadikan tertib berlalu lintas, sebagai budaya yang manfaatnya juga bagi masyarakat sendiri," ungkapnya.

Dimana dengan tertib berlalu lintas, masyarakat dapat aman dan selamat dijalan sesuai program yang telah launching bersama beberapa waktu yang lalu yaitu stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan.

Selama tiga hari giat operasi untuk pelanggaran yang sudah terjaring sebanyak 232 dengan dilakukan penindakan berupa penilangan.

"Untuk titik lokasi kita ada disetiap kecamatan, yang dimana sebelum dilakukan operasi telah kita lakukan pengamatan banyak terjadi pelanggaran dan sering terjadi kecelakaan lalu lintas", jelasnya.

Jadi pelaksanaan operasi ini semata-mata dilakukan guna menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat diwilayah kabupaten Rokan Hilir.

 

TAUFIK SARAGIH