Minim Sosialisasi Pada Masyarakat, Pilgubri Tampak Sepi di Tasik Serai Dan Tasik Serai Barat.

Women face

TALANG MUANDAU-, Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada didesa Tasik Serai dan Tasik Serai Barat kecamatan Talang Muandau kabupaten Bengkalis Riau, tampak sepi. Diduga, minimnya sosialisasi kepada masyarakat dari para kandidat Calon Gubernur Riau (Cagubri), menjadi salah satu faktor penyebab sepinya masyarakat dalam menggunakan hak suara dipilgubri yang sedang digelar.

Seperti terpantau pada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) didesa Tasik Serai dan Tasik Serai Barat. Dari mulai dibukanya TPS hingga berakhir batas waktu yang ditentukan, masyarakat tampak sepi mendatangi TPS  pada rabu (27/6/2018).
 
"Kita tidak kenal dengan para kandidat (cagubri). Pasalnya, para kandidat gak ada yang datang untuk sosialisasi atau kampanye kesini," ujar H. Ht Soit salah satu masyarakat desa Tasik Serai.
 
Hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya yakni, Joni. Pria tersebut mengatakan kalau sejumlah cagubri tidak dikenalnya.
 
"Intinya kalau tidak kenal, maka tak sayang. Gimana kita mau memilih yang tidak kita kenal," ujarnya.
 
Sementara Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa Tasik Serai Barat yakni, Abdul Rohim S.Pdi juga membenarkan terkait minimnya masyarakat mendatangi TPS dalam menggunakan hak suaranya dipilgubri tersebut, akibat sosialisasi dari para kandidat tidak ada.
 
"Hal itu terbukti dari 3456 DPT didesa Tasik Serai Barat, hanya 1646  DPT atau sekitar 47%  yang datang ke TPS untuk menentukan pilihannya dipilgubri ini," jelasnya.
 
Hal serupa juga terlihat didesa Tasik Serai. Dari 3399 DPT, hanya 1414 DPT yang datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya untuk menentukan Gubernur Riau lima tahun kedepan.
 
 
Parlin S Nababan.