Menteri Kesehatan RI Resmi Buka Porkesremen Dan Jambore Kesehatan Jiwa VI Di RS Jiwa Tampan

Women face

PEKANBARU-Menteri Kesehatan (Menkes) RI  Prof.Dr.dr. Nila Djuwita.F. Moeloek melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Riau. Ia mendarat di VIP Lancang Kuning, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Jumat (20/10/2017) kemarin.

Kedatangannya pun disambut hangat oleh Asisten I Setdaprov Riau H Ahmad Syah Harrofie, Direktur Utama RSUD Arifin Achmad Nuzelly Khusnedi, dan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Direktur RSJ Tampan Dr.Haznelli Juwita, Beberapa forkompinda Riau.

Adapun agenda Menkes RI ke Bumi Melayu ini, diantaranya untuk menghadiri Pekan Olahraga, Kesenian Rehabilitasi Mental (Porkesmen) dan Jambore Kesehatan Jiwa VI dan Munas Arsawakoi.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau, Jalan HR Soebrantas Pekanbaru. Provinsi Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga, Kesenian Rehabilitasi Mental (Porkesremen) dan Jambore Kesehatan Jiwa VI tingkat nasional. Kegiatan ini pun dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI (Menkes) Prof.Dr.dr. Nila Djuwita.F.Moeloek.

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat menyambut baik atas diselenggarakannya serangkaian kegiatan yang dipusatkan di RSJ Tampan Pekanbaru tersebut. Menurutnya, ini merupakan suatu kehormatan yang diberikan kepada Pemprov Riau, khususnya RS Jiwa Tampan Provinsi Riau.

"Semoga acara ini dapat membuahkan hasil dan memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi bidang kesehatan jiwa, baik di tingkat nasional maupun di tingkat lokal”, kata Andi Rachman di hadapan ratusan peserta kontingen Porkesremen di RSJ Tampan Pekanbaru, Jumat (20/10/2017).

Yang lebih penting lagi, kata Andi, kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh hubungan kerjasama antar instansi pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia dalam rangka sharing informasi terbaru. Tentunya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di masyarakat.

“Untuk itu saya berpesan kepada seluruh insan kesehatan jiwa Indonesia khususnya Riau agar dapat menjadikan acara ini sebagai momentum untuk menghormati hak-hak Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa”, ujarnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2017 ini mengambil tema Mental health in the work place (Kesehatan jiwa ditempat kerja) dengan sub tema Kesehatan jiwa yang prima mewujudkan produktifitas kerja dan kesejahteraan keluarga.

Reporter : Kurniawan

Redaktur : Sidik