Masyarakat Jalan Rangau Demo PKS PT. SIPP, Diduga Akibat Bau Limbah

Women face

MANDAU-, Ratusan warga jalan Rangau yang berada dilingkungan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Sawit Inti Prima Perkasa (PT.SIPP) yang berada dijalan Rangau KM 6 kelurahan Pematang Pudu kecamatan Mandau kabupaten Bengkalis Riau, melakukan aksi demo. Aksi demo ratusan warga tersebut, diduga akibat bau limbah dari PKS PT. SIPP yang telah membuat resah masyarakat.

Aksi demo masyarakat yang digelar pada sabtu pagi (7/7/2018) tersebut, juga memasang sejumlah spanduk berisikan penolakan bau limbah serta memblokir pintu masuk dan melarang sejumlah truck bermuatan Tandan Buah Segar (TBS) yang hendak membongkar diPKS PT. SIPP itu.
 
"Bau limbah dan bau busuk dari PKS  PT. SIPP ini sudah sangat meresahkan kami warga sini. Bahkan lalat juga sangat banyak sejak PKS ini beroperasi yang sudah pasti menyebarkan virus," ujar P Gultom selaku penanggung jawab aksi demo warga jalan Rangau km 5 disela sela aksi demo tersebut.
 
Nada mengeluh juga diutarakan oleh kordinator demo mewakili warga km 5 dan 6 yakni, Kentung. Pria tersebut menuding pihak perusahaan tidak perduli dan terkesan cuek terhadap masalah yang dialami masyarakat yang sudah berlangsung sejak lama.
 
"Keluhan kami ini sudah kami sampaikan pada pihak PKS, namun dicuekin dan diabaikan, makanya kami melakukan demo pada hari ini," jelasnya.
 
 
Dilakukan Mediasi.
 
 
Sejumlah perwakilan masyarakat mengelar pertemuan dan melakukan mediasi dengan pihak menagemen PKS SIPP diruang pertemuan. Perdebatan juga tampak pada mediasi yang dilakukan. Pasalnya, mediasi yang digelar tidak membuahkan hasil dari apa yang diharapkan masyarakat.
 
Agus selaku menager PKS PT. SIPP dikomfirmasi sejumlah wartawan usai pertemuan dan mediasi yang digelar dengan masyarakat mengatakan, kalau tuntutan masyarakat terkait bau limbah dari PKS tersebut belum bisa terealisasi secepatnya.
 
"Yang namanya pabrik pasti ada limbahnya, namun terkait ijin limbah kita ada. Biasalah namanya masyarakat, pasti ada yang pro dan kontra. Namun apa yang menjadi tuntutan masyarakat akan kita bicarakan lagi ketingkat atas," ujanya.
 
Pantauan dilokasi, ratusan masyarakat yang melakukan aksi demo tersebut, masih bertahan dan memblokir pintu masuk menuju PKS PT. SIPP. Sejumlah truck bermuatan TBS tampak antri diluar pagar. Dan informasi yang didapat, masyarakat akan tetap bertahan diPKS SIPP hingga tuntutan masyarakat tersebut terealisasi.
 
 
Parlin S Nababan