Haji 2017

Mariam Kembali ke Tanah Air bersama Kloter 7, Hartono : Apapun Resikonya Ibu Ikut Pulang

Women face

DUMAI - Terkait satu jamaah haji Kota Dumai atas nama Mariam (69) Binti Karim Ahmad yang rencananya tinggal di Mekkah guna mendapatkan perawatan di Kesehatan Haji Indonesia (KHI), akhirnya kembali pulang ke tanah air bersama Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Batam.

Pantauan dilapangan, Mariam tiba di Asrama Haji Embarkasi Batam, Jalan Engku Putri, Batam Center menggunakan ambulance pada Kamis (14/09/2017) sekira pukul 23.50 WIB didampingi Hartono (anak,red) yang juga turut serta menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci Mekkah.

Mariam tampak terbaring lemah dengan selang oksigen di hidungnya. Selain Hartono, tampak beberapa anak - anak Mariamyang sengaja datang dari Dumai menuju Batam untuk menjemput Ibundanya.

Sesampainya di Asrama Haji, Mariam pun langsung mendapatkan perawatan oleh Tim Medis PPIH Embarkasi Batam.

Mengetahui ada jamaah haji yang sakit, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo didampingi Kepala Kementerian Agama Kota Dumai Drs Syafwan dan Kabag Kesra Setdako Dumai H. Asnam langsung meninjau dan memberikan support kepada Mariam.

Dari informasi yang diperoleh Hartono (anak,red) menyebutkan, bahwa sang Ibu rencananya mau dirawat di KHI yang berada di Mekkah.

" Namun, karena kita tidak memiliki sanak saudara di Mekkah serta sulitnya komunikasi dengan keluarga, maka saya bertekad, apapun risikonya, Ibu harus Pulang dan alhamdulillah mendapat izin. Makanya, kita sama-sama pulang," ungkap Hartono, Jum'at (15/09/3017) dinihari.

Menurut Hartono, penyebab drop kesehatan yang dialami oleh Ibunya ialah karena faktor cuaca dan kerinduan serta sulitnya komunikasi. Namun, ibu juga memiliki gejala Asma.

" Ya, semoga dengan telah dijemput oleh beberapa orang anak dan cucunya, Ibu semakin membaik dan bersama-sama lagi berkumpul dengan keluarga di kota Dumai," tuturnya.

Ditambahkan Hartono, saat melaksanakan rangkaian ibadah haji, Mariam juga sempat beberapa kali mendapatkan perawatan di KHI Mekkah dan terakhir sempat di Opname selama dua minggu.

" Intinya saya hanya berdoa, ibu bisa pulang ke Dumai dan kembali Sehat serta dapat berkumpul bersama keluarga dan cucu nya," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Dumai Drs Syafwan menjelaskan, total Jamaah Haji Kota Dumai sebanyak 206 orang dan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Batam bersama Jamaah Haji asal Kabupaten Palelawan.

Dari 206 Jamaah Haji tersebut, Satu orang meninggal Dunia di Mekkah atas nama Sarinah binti Budang Antau (64) Warga Jaya Mukti dan Satu orang lagi sedang dirawat di Kesehatan Haji Indonesia (KHI) Mekkah.

" Jadi, yang pulang sebanyak 204 Jamaah. Terkait satu Jamaah yang tinggal dan Kenapa dirawat? Kita belum dapat info pastinya. Karena, informasi yang kita terima langsung dari Ketua Kloter 7 hanya dikatakan satu jamaah Dumai atas nama Mariam sedang dirawat di KHI Mekkah," terangnya.

Reporter : Dika
Redaktur : Sidik