KPU Dumai Ajak Warga Sadar Pemilu

No comment 413 views
Women face

DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai melakukan pencanangan gerakan Sadar Pemilu, dengan menggelar jalan santai. Jalan Santai dipusatkan di Lapangan Taman Bukit Gelanggang Jalan HR Soebrantas Dumai, Minggu (29/10/2017).

Jalan santai dilepas langsung oleh walikota Dumai Drs H Zulkifli AS, M.Si didampingi Sekda Dumai Drs H Muhammad Nasir MP, Ketua KPU Dumai H Darwis S.Ag beserta Komisioner KPU lainnya. Acara juga dihadiri Forkopimda Ketua dan Pengurus Parpol Peserta Pemilu 2019 dan undangan lainnya. Sebelum melepas peserta jalan santai walikota melepas balon ke udara.

Walikota Dumai berharap kegiatan ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu sesuai tema yang diangkat yaitu mengajak masyarakat sadar pemilu.

"Kita berharap apa yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini dapat terwujud. Yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu seperti tema yang diangkat, mengajak masyarakat sadar pemilu." Kata walikota

Sementara Ketua KPU Kota Dumai H. Darwis S.Ag mengatakan, jalan santai dilakukan serentak secara nasional sebagai ajang sosialisasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

"Dengan kegiatan ini kita ingin memberikan semangat dengan mengajak warga untuk berpartisipasi dalam seluruh event pesta demokrasi ke depan." Kata Darwis

Lanjutnya, Selain mensosialisasikan Pemilu, kegiatan ini juga sebagai ajang ajakan mencoblos untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dan tidak golput. Tujuan lainnya menekankan pentingnya masyarakat memiliki KTP elektronik dalam Pemilu.

"Masa depan bangsa ditentukan di tangan kita sendiri dalam memilih pemimpin. Jadi sebelum pelaksanaan pemilu di mulai masyarakat diingatkan untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik karena hal tersebut sesuai aturan yang ada." Tegas Darwis

Dan bagi masyarakat yang sudah punya hak memilih diharuskan memiliki KTP elektronik, dan jika belum memiliki KTP elektronik harus memiliki surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dia pun meminta agar masyarakat dapat mematuhi aturan tersebut agar nanti proses Pemilu 2018 dapat berjalan dengan baik.

“Saya harap masyarakat bisa mematuhi aturan tersebut, karena semua semata untuk kelancaran Pemilu." Harap Darwis

Terakhir Darwis mengajak peranan dari RT agar terus mengingatkan warga yang sudah memiliki hak pilih untuk segera mendapatkan KTP elektronik. Sebab berbagai tahapan pelaksanaan Pemilu sudah dimulai seperti Pendaftaran Parpol , Perekrutan PPK ,PPS dan banyak lagi. Pungkasnya

Reporter : Dika

Redaktur : Sidik