Ketua Ansor, Mukmin Jadi Pemateri Kepemimpinan Di MAN 1 Rohil

Women face

ROKAN HILIR - MAN 1 Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa, kegiatan yang dibuka secara resmi oleh kepala MAN, Rahmawati, MPd, yang didampingi, Kepala TU Waka Kesiswaan, dan ketua ANSOR Rokan Hilir sekaligus sebagai pemateri pertama. Kegiatan ini diikuti dari utusan kelas beserta seluruh pengurus OSIS MAN yang baru, dengan total peserta berjumlah 40 siswa.


Dalam sambutannya kepala MAN berharap peserta kegiatan ini dapat mengikutinya dengan baik, karena kesempatan ini sangat berharga, gunakan sebaik-baiknya, sehingga anda semua mendapatkan ilmu tentang keorganisasian dan kepemimpinan dari pemateri. "Kegiatan ini bertujuan untuk melatih Kepemimpinan Dasar secara terpadu pada setiap organisasi siswa yang ada di MAN 1 Rokan Hilir sekaligus memberikan pelatihan dan pembinaan kepemimpinan kepada siswa-siswi MAN," ujar Rahmawati, Senin (2/9/18).

Untuk itu bilau mengucapkan teritama kasih kepada Panitia pelaksana, Waka Kesiswaan, Kepala Tata Usaha Hendra, SE yang telah merancang sehingga dapat terlaksana, namun kedepannya kegiatan ini harus  jauh lebih baik, diusahakan selain materi di dalam ruangan kedepan sebaiknya ditambah dalam bentuk outdoor atau belajar kepemimpinan di alam terbuka, sehingga lebih menguatkan karakter anak dalam bidang kepemimpinan dan organisasi.

Pada kesempatan yang sama Waka kesiswaan Aminah SP.d, menjelaskan kegiatan ini mengajarkan siswa untuk dapat berorganisasi dan mengerti arti pentingnya organisasi dalam menumbuhkan sikap tanggungjawab serta disiplin terhadap organisasi, Memperoleh bekal keterampilan dan pengetahuan dasar kepemimpinan yang dapat mereka terapkan dalam keseharian terutama dilembaga OSIS MAN 1 Rohil.

Mengingat, lanjutnya, kegiatan ini penting bagi siswa, sehingga kegiatan diformat dengan bentuk sederhana, dengan materi, pertama materi keorganisasian, disampaikan Bapak Muhammad Mukim Prayoga, S.Pd, materi kedua, berupa materi Managemen Administrasi bidang keuangan, materi ini disampaikan oleh Siti Khotijah, SE, dari BPAKAD Rokan Hilir, materi ketiga materi Motivasi, diharapkan materi ini mampu menjadi penyemangat anak-anak untuk belajar, materi disampaikan  oleh  Bapak  Misnan, S.SoS, I, M.Pd.I, yang juga merupakan Alumni MA Al-ikhlas yang sekarang menjadi MAN 1 Rokan Hilir, saat ini beliau dipercaya sebagai salah satu kasi di Dinas Koperasi Rokan Hilir.

Dalam penyampaian Materi keorganisasian, Mukim Prayoga, yang juga Ketua ANSOR Rokan Hilir,  menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini, menurutnya pelatihan LDKS sangat baik untuk perkembangan adik-adik pelajar kedepan, minimal mereka dapat memahami nilai-nilai dalam berorganisasi, selain kedisiplinan juga diperlukan kejujuran serta keseriusan dalam memajukan sebuah organisasi.

Kunci semuanya adalah, lanjutnya, kebersamaan serta saling memahami tugas dan tanggung jawab.  Secara sederhana kita dapat pahami bahwa organisasi itu sama dengan badan kita, yang masing masing saling terkait dan membutuhkan, bayangkan badan anda tidak akan bisa apa-apa, tanpa kaki mau melangkah bersama, demikian juga kaki sulit melangkah bila mata tidak mau menunjukkan arahnya.

"Artinya organisasi harus mampu sejalan seirama sesuai dengan tujuan berasama. Untuk itu dibutuhkan leadership seorang pemimpin," jelas Mukmin.

Kepemimpinan (Leadership) yang berasal dari kata pemimpin (leader: head) adalah seseorang yang mempergunakan wewenang (authority) dan kepemimpinannya, mengarahkan bawahan untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dalam mencapai tujuan bersama. Dalam organisasi Leader adalah seorang pemimpin yang mempunyai sifat kepemimpinan dan kewibawaan (personality authority). Falsafah kepemimpinan bahwa pemimpin adalah untuk bawahan dan milik bawahan.

Materi Kepemimpinan yang disampaikan Ibu Kepala Madrasah, melanjutkan bahwa konsep kepemimpminan dapat pahami dari filsataf kepemimpinan masyarakat Jawa, sebagaimana menurut Kihajar Dewantara, Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan  Tut Wuri Handayani. Artinya pemimpin harus mampu menjadikan panutan dan ikutan bagi orang yang  dipimpinanya, mampu membangkitkan semangat  berswakarsa dan berkreasi, serta mampu mendorong orang–orang yang diasuhnya berjalan di depan serta sanggup bertanggung jawab.

Maka saat ini yang harus kita lakukan dalam memupuk jiwa kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, tak lain adalah “Disiplin,  Kerja Sama dan Toleransi serta memiliki tanggung  jawab" mengetahui tugas dan mampu melaksanakan serta terbiasa hidup dengan perencanaan atau persiapan yang matang.

Disiplin merupakan kesadaran untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan menghindari larangannya. Sejak dini, rasa disiplin harus kita pupuk baik, disiplin dalam belajar, disiplin dalam mengerjakan pekerjaan rumah dan mentaati tata tertib. Apabila telah terbiasa hidup berdisiplin  baik di sekolah maupun di rumah, Insya Allah dalam diri kita akan terbentuk jiwa kepemimpinan yang patut diteladani.

Seorang pemimpin adalah yang memiliki pengikat yang menggugah pengikutnya untuk melakukan hal-hal tertentu, untuk mencapai sesuatu hasil (tujuan) melalui pemberian teladan kepada pengikutnnya dengan penuh tanggung jawab. Seorang calon pemimpin harus mau dan mahir mendengar, membaca, berbicara dan menulis, demikian Materi kepemimpinan sebagai materi terakhir," pungkas Mukmin.

Kegiatan yang berakhir pada jam 17.00 WIB  sekaligus ditutup secara resmi oleh Kepala MAN 1, dengan penyampaian Do’a, oleh Ustaz Mustakim, S. Ag, sebagai guru sekaligus juga Staf Kesiswaan MAN 1 Rokan Hilir. (rls)

 
 
 
Taufik Saragih