Inilah Sederet Prestasi Bank Riau Kepri Selama 2017

No comment 835 views
Women face

PEKANBARU-BRK (Bank Riau Kepri) terus berupaya mengukuhkan posisinya sebagai sebuah lembaga perbankan yang pantas disegani, baik dari sisi kesehatan usaha dan laba yang diperoleh, termasuk juga dari sisi serangkaian prestasi yang diraih. Pada 2017 ini, bank yang berkantor pusat di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru menorehkan begitu panjang prestasi yang membanggakan, mayoritas untuk tingkat nasional.

Pada Selasa (14/3/2017), Markplus selaku lembaga penilai pasar bisnis memberikan penghargaan Award Marketeers of The Year 2017 dan Pekanbaru Marketing Champion 2017 kategori Comercial Banking kepada Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK) DR. Irvandi Gustari di Hotel Premiere Pekanbaru.

Penghargaan ini diberikan oleh Markplus karena peran Dirut BRK DR. Irvandi Gustari terhadap kemajuan Bank Riau Kepri dan dedikasinya memberikan pelayanan perbankan hingga ke pelosok daerah. Sebanyak 10 orang yang dianggap paling inovatif dalam dunia pemasaran Provinsi Riau raih penghargaan Pekanbaru Marketing Champion 2017 di gelaran The 5th Annual Indonesia Marketeer Festival.

CEO and Founder Markplus, Hermawan Kertajaya mengatakan penghargaan yang diberikan tersebut merupakan penghargaan tingkat lokal atau daerah yang diberikan kepada orang yang paling inovatif dan berdedikasi besar dalam hal pemasaran. Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan kepada para pelaku pemasaran lokal yang telah bersusah payah mengeluarkan idenya demi membangun institusi dinaunginya. Dari penghargaan ini diharapkan mampu memacu para marketing yang ada di Provinsi Riau untuk terus meningkatkan upaya serta inovasinya.

1513696017-Fakta Riau-B45B4529-D394-478F-A8F6-D20DF7EFEC04-5770-00000665D48F434A

Masih pada bulan yang sama, tepatnya Jumat (24/3/2017), giliran Bank Riau Kepri menerima penghargaan pada ajang The 2nd Public Relations Indonesia Awards (PRIA) di Ballroom Hotel Harris Sunset Road, Kuta, Bali. Penghargaan untuk kategori Media Relations Regional Sumatera Sub Kategori BUMD dan Korporasi Daerah Bidang Layanan Publik. Penghargaan diterima oleh Pemimpin Desk Corporate Secretary Winovri. Penghargaan diberikan oleh Amono Wikan CEO dan Founder PT. Media Piar Indonesia.

Acara yang diselenggarakan oleh Majalah PR Indonesia ini merupakan kompetisi PR tingkat nasional paling komprehensif bertajuk PR Indonesia Awards (PRIA) 2017. Kompetisi ini digelar untuk memberikan penghargaan bagi setiap kreativitas humas/public relations (PR) yang mampu mewujudkan credibility & trust suatu korporasi/lembaga/organisasi.

Selanjutnya, sebanyak 117 perusahaan terkemuka ikut serta dalam kegiatan TOP CSR 2017 yang bertema aligning CSR to business strategy. Acara dihadiri lebih dari 500 audience dari kalanan Direksi, Komisaris perusahaan berlangsung meriah dan sukses.Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari, Komisaris Taufiqqurrahman, Pemimpin Divisi Umum Edy Muhardy dan Pemimpin DeskCorpoarate Secretary Winovri. TOP CSR 2017 adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia dan dinilai telah menjalankann program CSR/community development terbaik.

DR. Irvandi Gustari Direktur Utama Bank Riau Kepri yang hadir menerima penghargaan tersebut usai acara mengatakan bahwa CSR di Bank Riau Kepri telah berjalan dengan baik dengan tetap bersinergi dengan Pemerintah Daerah sebagai pemegang saham. “Saling sinergi dan bekerjasama, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat di daerah masing-masing bisa dibantu Bank Riau Kepri dalam bentuk CSR” ungkap Irvandi.

Irvandi merasa bangga menjadi satu-satunya Bank Pembangunan Daerah yang menerima Penghargaan tersebut, selanjutnya mengatakan bahwa sejak tahun 2014 hingga 2017 CSR atau di Bank Riau Kepri disebut Program Kemitraan telah membantu 21 daerah di Riau dan Kepri (Provinsi/Kabupaten/kota) setiap tahunnya dengan total anggaranRp 21 milyar. Tahun 2014 dan 2015 setiap daerah/pemegang saham menerima Rp 1 milyar dan ditahun 2016 dan 2017 jumlah CSR bagi masing-masing daerah disesuaikan dengan komposisi kepemilikan saham masing-masing daerah di Bank Riau Kepri.

Pada Jumat (21/4/2017), Bank Riau Kepri raih 2 penghargaan dalam anugerah penghargaan Nation’s Brightest People Awards 2017 yang berlangsung pada di Sari Pan Pasific Hotel, Jakarta. Ke-2 penghargaan yang diterima yaitu Regional Bank of The Year 2017 dan CEO of The Year 2017 kategori “Banking & Corporate Leader”. Hadir menerima penghargaan tersebut Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari, Pemimpin Divisi Perencanaan Strategis Tengkoe Irawan dan Pemimpin Desk Corporate Secretary Winovri.

Nation’s Brightest People Awards 2017 digelar oleh Seven Media, penghargan yang diberikan dilakukan dengan metodologi dan proses penentuan pemenang dilakukan dengan mengacu pada : quality, performance, responsibility dan attractiveness dengan atribut pengukuran serta mempunyai produk/jasa inovatif dan berkualitas, pengelolaan managemen yang baik dan mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab social yang tinggi dengan diikuti oleh tingkat kepuasan, pengakuan dan penilaian publik yang didukung oleh data sekunder dan publikasi media.

Sementara pada Selasa (10/5/2017), Bank Riau Kepri Syariah berhasil meraih penghargaan pada ajang Karim Award 2017, yang diterima di Epicentrum XXI, Epicentrum Walk Jl. H.R Rasuna Said Jakarta Selatan. Dalam acara tersebut Bank Riau Kepri Syariah meraih the most expanding Funding UUS Asset = 1.5 T. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Operasional Denny M. Akbar yang diserahkan oleh Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, SE, MH, M. Ag selaku Wakil Ketua Badan Pengurus Harian Dewan Syariah Nasional MUI.

Penghargaan yang dikategorikan menjadi empat yaitu Best Islamic Banking (BUKU 1), Best Islamic Banking (BUKU II dan BUKU III), Best Islamic Banking (UUS Aset = 1,5 T) dan Best Islamic Banking (UUS = 1,5 T). Bank Riau Kepri yang meraih penghargaan tersebut dinilai oleh Karim Consulting Indonesia berdasarkan latest audited financial report yaitu periode 31 Desember 2015 dan 31 Desember 2016, dengan menilai faktor pertumbuhan vertikal (pertumbuhan dana pihak ketiga UUS Bank Riau Kepri) dan pertumbuhan horizontal (tambahan market share dana pihak ketiga UUS Bank Riau Kepri).

Masih pada bulan yang sama, tepatnya Sabtu (13/5/2017), Bank Riau Kepri kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dengan meraih ranking ke 2 atau the 2nd The Best BUMD Pada IHCA Award III 2017. Posisi Bank Riau Kepri satu tingkat dibawah Bank jatim, ini berarti BRK untuk bidang Human Capital telah berada diatas Bank BPD lainnya yang ternama seperti Bank DKI, BJB, Bank Jateng maupun Bank Sumut, Bank Sumsel Babel. Dalam award IHCA Award III 2017 ini BRK juga dianugerahi tingkat nasional dua award lainnya yaitu untuk Dirut BRK DR. Irvandi Gustari meraih award the big and best 10 Human Capital Director 2017 dan Award yang ketiga adalah BRK sebagai The Big Best 10 for all Category IHCA – III 2017.

Untuk diketahui ada delapan kategori dalam IHCA award III 2017 yaitu, untuk kategori BUMN diraih oleh PT. Taspen dan PT. Pelindo II, untuk kategori swasta tbk PT. Bank Maybank Indonesia, Tbk dan PT. Bank Muamalat, Tbk, untuk kategori swasta non Tbk diraih oleh PT. Bank DBS Indonesia dan PT. Indomobil Finance Indonesia.

1513696076-Fakta Riau-IMG 5367

Pada Rabu (24/5/2017), dari total 2.000 BUMD di Indonesia bersaing untuk mendapatkan penghargaan TOP BUMD 2017 dari Majalah BusinessNews Indonesia dan lembaga Asia Business Research Center di Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini Jakarta. Bank Riau Kepri sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kebanggaan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau dianugerahi TOP BUMD 2017 Kategori Special Improvement dan Top CEO BUMD 2017 Kategori CEO BUMD Berbasis Character & Soft Competency untuk Direktur Utama BRK DR. Irvandi Gustari. Selain itu keberhasilan Gubernur dalam membina BRK di wilayah Riau dan Kepri, maka dianugerahi penghargaan Top Pembina BUMD 2017 untuk Gubernur Kepri dan Gubernur Riau.

Belum berhenti sampai di sana, lagi-lagi Bank Riau Kepri menunjukkan kemampuannya meraih penghargaan bergengsi, kali ini meraih predikat terbaik dua nasional dalam ajang Banking Service Excellence (BSE) tahun 2017 untuk kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD). BSE tahun 2017 ini telah berlangsung sejak tahun 2003 atau telah dilaksanakan untuk yang ke 14 kalinya. Acara yang digelar di Hotel Ritz Charlton Pasific Place, Jakarta pada Kamis (8/6/2017) tersebut dihadiri oleh Direktur Utama DR. Irvandi Gustari, Direktur Operasional Denny M. Akbar dan Komisaris Utama HR. Mambang Mit.

Bank Riau Kepri yang pada acara serupa ditahun 2015 berada di di posisi delapan, semakin meningkat kualitas pelayanannya terhadap nasabah, hingga pada tahun 2016 berada di posisi ketiga dan ditahun 2017 ini naik lagi berada diposisi runner up dibawah Bank Sumsel Babel yang menyabet The Best Service Excellence.

Perolehan nilai Bank Riau Kepri dalam kualitas pelayanan nasabah yaitu 73.77 terpaut tipis dengan Bank Sumsel Babel dengan perolehan nilai 74.24. Perolehan kualitas layanan Bank Riau Kepri yang menjadi runner up tersebut berasal dari layanan costumer service dimana Bank Riau Kepri peroleh ranking pertama serta layanan ATM juga peroleh peringkat pertama. Selain itu untuk layanan telepon Bank Riau Kepri raih peringkat kedua, fisik Banking Hall raih peringkat ketiga dan layanan Teller raih peringkat ke empat dan Satpam raih peringkat ke enam dari seluruh BPD di Indonesia.

Raihan prestasi Bank Riau Kepri terus berlanjut menyusul setelah bank ini kembali merebut Platinum Award Kinerja Keuangan dengan Predikat Sangat Bagus selama 10 tahun berturut-turut untuk kategori bank buku 2 dengan asset Rp. 10 Trilliun sampai dengan Rp. 25 Triliun. Penghargaan tersebut langsung diserahkan Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Infobank Kartono Muhammad kepada Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari.

Infobank Award 2017 kali ini diselenggarakan di Westin Hotel Nusa Dua Bali pada Kamis (10/8/17). Acara award perbankan nasional ini dibuka langsung oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang diwakilkan oleh Asisten II Bidang Perekonomian Setdaporv Bali Dewa Putu Sunartha.

Pada Rabu (23/8/2017), Bank Riau Kepri dianugerahi 4 award nasional pada APBI VI 2017. Yaitu, Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman dan Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun masing-masing terpilih sebagai Pembina BPD Terbaik Indonesia-2017. Penghargaan tersebut diterima oleh Komut Bank Riau Kepri HR. Mambang Mit di Hall KBRI Singapore, Rabu (23/08/17), selain itu Dirut Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari terpilih sebagai The Best CEO BPD Indonesia -2017 dan Bank Riau Kepri meraih prestasi yang membanggakan yaitu Bank BPD Indonesia Terbaik 2017- Peringkat III- Buku II- BPD (Aset Rp. 10 T- Rp. 25T).

Direktur Utama BPD Bank Riau Kepri dianugerahi Award “ The Best Indonesian CEO Bank (BPD) 2017, pada Anugerah Perbankan Indonesia (APBI) VI-2017, bertempat di Hall KBRI Singapore, Award diserahkan langsung oleh Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) di Singapura Ngurah Swajaya dan dihadiri oleh para Direksi dan Komisaris Perbankan Indonesia serta sejumlah Gubernur selaku pemegang saham pengendali.

Pada kesempatan yang sama atas kinerja Bank Riau Kepri yang gemilang tersebut kepada Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman dan dan Gubernur Kepulauan Riau DR.H. Nurdin Basirun juga dianugerahi Award sebagai “Pembina BPD Terbaik Indonesia-2017”. Penghargaan sebagai Pembina terbaik ini merupakan yang kedua kalinya untuk tahun 2017 dimana sebelumnya pada bulan Mei 2017 telah dianugerahi sebagai Top Pembina BUMD 2017 dari Bussines News.

Secara kelembagaan BPD Bank Riau Kepri meraih prestasi membanggakan pula yaitu “ Bank BPD Indonesia Terbaik 2017- Peringkat III- Buku II- BPD (Aset Rp. 10 T- Rp. 25T). Prestasi yang diraih Bank Riau Kepri tersebut berdasarkan 10 kategori penilaian : Finance (Excellent), GCG(Very Excellent), Risk Management (Excellent), Legal (Excellent), Human Capital (Very Excellent), Marketing (Excellent), CSR (Very Excellent), IT (Excellent), Corporate Communication (Excellent), CEO (Very Excellent).

Tak cuma di bidang jasa perbankan dan sejenisnya, bank daerah dengan pemilik saham mayoritas Pemprov Riau ini juga mampu menunjukkan prestasi di bidang olahraga pada Pekan Olah Raga & Seni (Porseni) XII Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) di Bandung.Bank Riau Kepri ikut berlaga pada Porseni XII BPDSI di Bandung tanggal 24 – 27 Agustus 2017. Sebanyak 95 atlet Bank Kebanggaan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau ini ikut bertarung untuk mengharumkan nama Bank Riau Kepri pada Porseni XII BPDSI 2017.

Bank berlogo tiga layar terkembang ini sukses meraih 10 medali dalam event bertaraf nasional tersebut. Tercatat 4 medali perak dari cabang Pop Singer Prestasi, Fashion Show Eksekutif, Grup Band serta biliar dan 6 medali perunggu dari cabang Futsal Eksekutif, Golf Prestasi, Karate Perorangan, Karate Beregu, Bulu Tangkis dan Menembak. Perolehan medali ini meningkat tajam dibandingkan perolehan medali pada Porseni BPDSI XI 2015 di Yogyakarta yang hanya mengumpulkan 6 medali (2 emas, 3 perak dan 1 perunggu).

Pada kegiatan ini Bank Riau Kepri mengikuti 9 cabang olahraga yaitu golf, biliar, menembak, basket, catur, futsal, karate, tenis meja, bulu tangkis dan 8 cabang seni yaitu folk song, pop singer, fashion show, menghitung uang, group band, duta bank, mtq dan azan. Event nasional yang diselenggarakan oleh Bank Jawa Barat Banten (BJB) diikuti oleh 26 BPD yang ada di seluruh Indonesia.

Sementara pada Rabu (13/9/2017), Bank Riau Kepri meraih penghargaan tertinggi di ajang Indonesia Banking Award 2017 dengan kategori The Best Bank in Digital Services. Penghargaan bergengsi ini diselenggarakan Majalah Tempo bekerja sama dengan Indonesia Banking Shcool (IBS) - LPPI di Ballroom JS Luwansa Hotel Jakarta. Untuk kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) hanya dua BPD yang menerima Award sebagai The best bank digital services yaitu Bank Riau Kepri dan Bank Jatim.

Tak hanya tingkat nasional, untuk skala lokal Provinsi Riau Bank Riau Kepri juga tak mau ketinggalan dalam mencapai prestasi menyusul setelah merebut gelar Juara I pada Lomba Perpustakaan Khusus Tingkat Provinsi Riau Tahun 2017 yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Riau pada Kamis, 12 Oktober 2017 di ruang bedah buku Lantai III Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Riau.

Perlombaan yang diikuti 13 perpustakaan dari 10 kabupaten kota se-Provinsi Riau ini dimenangkan oleh perpustakaan Bank Riau Kepri sebagai juara pertama, juara kedua diraih Perpustakaan DPRD Bengkalis dan juara ketiga diraih oleh Lembaga Permasyarakatan Anak Pekanbaru, Juara Harapan I diraih perpustakaan Lingkungan Emil Salim dan juara Harapan II perpustakaan Islamic Centre Rokan Hulu.

Pada Selasa (31/10/2017), Bank Riau Kepri meraih penghargaan The Best Top IT Implementation 2017 on Banking Security Solution Award pada ajang Top IT & Telco Award 2017. Dirut Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari juga tidak ketinggalan meraih prestasi cemerlang dengan meraih The Best Top IT Leader 2017 yang diserahkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc Kedua penghargaan level nasional yang diraih Bank Riau Kepri ini sejalan dengan tagline terbaru bank kebanggan masyarakat Riau danKepri ini di tahun 2017 yaitu “Tahun Akselerasi Kinerja Melalui Optimalisasi IT dan Peningkatan Proses Layanan”.

Dalam ajang ini, ada 300 perusahaan terkemukan di Indonesia yang menjadi nominasi. Dari proses dan hasil wawancara penjurian, Dewan Juri menetapkan ada 53 perusahaan nasional dan 25 instansi pemerintahan yang mendapatkan penghargaan Top IT Telco 2017. Kriteria utama dalam menentukan pemenang adalah, perusahaan atau instansi pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi TI dan Telco di perusahaannya, serta mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.

DR. Irvandi Gustari sebagai Direktur Utama Bank Riau Kepri yang beberapa waktu lalu juga dikukuhkan sebagai The Best CEO BPD Indonesia 2017 pada Anugerah Perbankan Indonesia 2017 di Singapura usai acara mengatakan pencapaian prestasi ini adalah merupakan wujud karya dari segenap insan Bank Riau Kepri yang terdiri dari Jajaran Komisaris, Jajaran Direksi dan seluruh lapisan pegawai Bank Riau Kepri yang telah bahu membahu dan komit untuk terus berkinerja bagus dan termasuk dukungan dari para pemegang saham dan para stakeholder lainnya.

Berikutnya, pada Rabu (29/11/2017) bank berlogo tiga layar terkembang ini meraih Good Financial Performance, Category Regional Development Bank pada ajang Indonesia Best Banking Brand Award 2017 yang diselenggarakan oleh majalah bisnis Warta Ekonomi di Balai Kartini, Jakarta. Penghargaan tertinggi level nasional ini diserahkan langsung oleh Founder dan Preskom Warta Ekonomi Fadel Muhammad yang didampingi CEO & Chief Editor Majalah Warta Ekonomi Muhammad Ihsan dan Pemimpin Perusahaan Majalah Warta Ekonomi Bram S Putro kepada Direktur Operasional Bank Riau Kepri Denny M Akbar.

Terpilihnya bank kebanggan masyarakat Riau dan Kepri ini sebagai pemenang melalui dua tahapan riset. Tahapan pertama (financial performance) adalah riset menyeluruh terkait kinerja keuangan. Beberapa indikator penilaian dalam tahapan pertama ini adalah, Pengukuran Earning (Rentabilitas), Permodalan (Capital), Resiko Kredit, Resiko Likuiditas. Tahap kedua adalah pilihan konsumen (consumer choice) dilakukan melalui wawancara tatap muka dan survey telepon dengan nasabah bank yang tersebar di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar. (Adv)