Bangko Pusako, Gelar Bimtek Perencanaan BUMDES

No comment 382 views
Women face

ROKAN HILIR - Kecamatan Bangko Pusako menyelenggarakan bimbingan teknik (BIMTEK) tentang pelatihan perencanaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), bertempat dibalai pertemuan kepenghuluan Bangko Lestari.

Bimtek tersebut diselenggarakan berdasarkan peraturan menteri desa, pembangunan desa tertinggal, dan transmigrasi Republik Indonesia nomor 09 tahun 2015, tentang organisasi dan tata kerja unit pelaksana teknis dilingkungan kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi Republik Indonesia.

Dan surat keputusan kepala balai latihan masyarakat pekanbaru nomor : KEP. 406/BLM-PKU/11/2017 01 November 2017 tentang penunjukan penyelenggara, pemandu/asisten pemamdu, peserta dan pengarah pada pelatihan perencanaan usaha Bumdes dikecamatan Bangko Pusako, Rohil, provinsi Riau, dan program kerja balai latihan masyarakat pekanbaru tahun anggaran 2017.

Bimtek ini bertujuan meningkatkan kapasitas pengelola badan usaha milik desa agar transparan efektif, efesien dan akuntable, dalam pengelola badan usaha milik desa.

Sasarannya adalah meningkatkan pemberdayaan ekomomi masyarakat melalui penguatan kelembagaan dalam manajemen pengelolaan BUMDES, dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, mengelola usaha ekonomi desa secara mandiri dan berkelanjutan.

Metode pembelajaran pelatihan perencanaan usaha BUMDES ini sepenuhnya menggunakan metode partisipatif dengan teknik tutorial dengan berpedoman pada modul yang telah ada, baik materi maupun proses pembelajarannya.

Bimtek diikuti 40 orang berasal dari enam kecamatan diantaranya kecamatan Bangko Pusako sebagai tempat penyelenggaraan berlangsung tepatnya dikepenghuluan Bangko Lestari, yang diwacanakan selama satu minggu, dari tanggal 05 sampai dengan 11 November 2017.

Sekretaris Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Rokan Hilir, dan Kemendes Provinsi Riau Mulyadi Masri, Senin (5/11/17) mengatakan untuk pertama pelatihan ini diperuntukkan kepada pengurus Bumdesnya.

Agar mereka tahu betul apa itu Bumdes dan apa tujuan Bumdes dengan sasaran usaha usahanya, sehingga dengan bekal pengetahuan itu nanti mereka tidak meraba jenis usaha apa yang sesuai dengan potensi sesuai desa masing masing.

"Harapan saya kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan dengan bersungguh sungguh, karena pelatihan ini benar benar bermanfaat untuk mereka dan bekal mereka untuk menjalankan Bumdes dimasing masing desa, dan untuk meningkatkan tarap ekomomi desa mereka juga yang mungkin selama ini kurang terkoordinir," harapnya.

Camat Bangko Pusako Sukardi SP dalam kesempatan ini mengatakan syukurnya Bumdes kepenghuluan Bangko Lestari telah dibentuk sebagai mana yang telah diterima dari laporan dari Datuk Penghulu beserta pengurus, dan juga kepenghuluan lainya seperti kepenghuluan Bangko Sempurna, Bangko Jaya dan kepenghuluan lainnya.

"Dengan adanya peningkatan peningkatan ini, alhamdulillah provinsi telah memberikan pelatihan kepada pelaku Bumdes yang ada dikabupaten Rokan Hilir ini," ungkapnya.

Penghulu Bangko Lestari Jonni Limbong mengucapkan terimakasih kepada pihak kabupaten dan provinsi atas terealisasinya Bimtek Bumdes yang tempat pelaksanaannya dibalai pertemuan kepenghuluan Bangko Lestari.

"Semoga seluruh pengurus Bumdes yang mengikuti pelatihan ini dapat benar benar mengembangkan ilmunya dikepenghuluan masing masing khususnya Bangko Lestari dengan harapan tarap ekonomi masyarakat yang lebih maju," harapannya.

Taufik Saragih.